[New post] Gaji dan Pensiunan PNS, TNI, Polri Naik Tahun 2012


i-om
Date

Gaji dan Pensiunan PNS, TNI, Polri Naik Tahun 2012

Tahun 2012, Gaji dan Pensiunan PNS, TNI, dan Polri direncanakan naik. Ini disebutkan dalam 'Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2012' terbitan Kementerian Keuangan. Pada kajian tersebut, kebijakan alokasi belanja pegawai di 2012 diarahkan untuk mempertahankan tingkat kesejahteraan PNS, anggota TNI/Polri, serta pensiunan. Jadi di 2012, gaji pokok dan pensiun pokok PNS, anggota TNI/Polri, serta pensiunan bakal dinaikkan. Namun belum disebutkan berapa kenaikannya.

Selain itu, uang makan PNS dan uang lauk pauk untuk anggota TNI/Polri juga bakal naik.

Pada tahun 2011 ini, pemerintah juga telah menaikkan gaji PNS, TNI/Polri dan pensiunan dengan kisaran 10-15%.

Tahun depan, uang pensiun pokok untuk para pensiunan PNS dan anggota TNI/Polri bakal naik 10%. Anggaran pensiun pun bakal naik dari Rp 51,5 triliun tahun ini menjadi Rp 59 triliun di 2012.

Anggaran pensiunan ini bisa naik, karena jumlah pegawai negeri yang mencapai batas usia pensiun bisa melebihi perhitungan. Pemerintah juga mengatakan adanya risiko fiskal anggaran di 2012 yang berasal dari program Tunjangan Hari Tua PNS terutama berasal dari unfunded past service liability.

PT Taspen mencatat adanya akumulasi unfunded past service liability yang timbul akibat kebijakan pemerintah menaikkan gaji pokok PNS sejak 2007 sampai dengan 2010. Pemerintah belum mengakui nominal unfunded past service liability program Tunjangan Hari Tua PNS.

Namun demikian, pemerintah mengatakan akan bertanggung jawab penuh untuk membayar/melunasi unfunded past service liability, baik dibayar secara tunai atau dengan instrumen.

Komentari tulisan ini


Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser: http://subscribe.wordpress.com



 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 apaaja PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info