ZonaMaya [dot] info


i-om
Date

ZonaMaya [dot] info

Link to ZonaMaya [dot] info

Beginilah Kalau Zebra Bersihkan Gigi Kuda Nil

Posted: 16 Mar 2011 11:17 AM PDT

Seekor zebra di Kebun Binatang Zurich, Swiss, terlihat menatap ke dalam rahang kuda nil ketika pengunjung menyaksikan hewan tersebut berhadpan dengan seekor kuda nil yang membuka mulut lebar-lebar.

Namun, si kuda nil tidak berniat untuk menyantap si zebra sebagai makan siangnya. Dia membiarkan gigi-giginya dibersihkan.

Pemandangan luar biasanya direkam oleh fotografer Jill Sonsteby dari Jacksonville, Florida. Dia mengatakan, acara membersihkan gigi kuda nil itu berlangsung sekitar 15 menit dan si zebra berlalu tetap aman.

"Si zebra berada di kandang yang sama dengan si kuda nil dan bayinya," tutur Sonsteby, 34 tahun, Selasa (16/3).
"Si kuda nil membuka mulut dan membiarkan zebra membersihkannya. Semua orang mengambil foto. Luar biasa berada di sana saat itu.''

Kuda nil yang bernama Latin Hippopotamus amphibius dipandang sebagai salah satu mahluk paling agresif di dunia dan gigitannya bisa membelah perahu kecil menjadi dua.

Mamalia pemakan tumbuhan ini bisa berbobot hingga tiga ton dan merupakan mamalia darat terbesar ketiga di dunia.

Kendati mereka jarang saling bunuh, tercatat ratusan serangan maut dilakukan oleh kuda nil terhadap warga di Afrika. Meski tubuhnya besar, kuda nil bisa lari lebih cepat daripada manusia di darat dalam jarak pendek.

Laser Akan Ungkap Rahasia Stonehenge

Posted: 16 Mar 2011 11:16 AM PDT

Rahasia yang tersimpan dalam monumen batu kuno Stonehenge tak lama lagi akan terungkap. Para peneliti menggunakan teknik laser untuk menyibak misteri yang disimpannya.

Sampai saat ini, belum ada yang bisa memastikan fungsi atau tujuan pembangunan Stonehenge di masa lalu. Monumen megalitikum berupa batu-batu berukuran sangat besar yang disusun vertikal dengan tinggi 10 kaki dan berat berton-ton itu diperkirakan para ahli arkeologi sebagai penanda tempat pemakaman atau sebuah observatorium astronomi. Sebagian peneliti lain menduga situs yang berusia lima ribu tahun tersebut dibangun pada posisi yang tepat untuk mengamati langit. Bahkan ada yang menyebutkan Stonehenge sebagai tujuan wisata kuno yang berfungsi sebagai pusat penyembuhan.

Kini, para peneliti menggunakan teknologi laser untuk memperoleh jawaban yang lebih pasti. "Kami menggunakan laser untuk memindai hampir tiga lusin batuan megalith yang berada di Dataran Sarlisbury, Inggris selatan itu agar dapat memperoleh informasi lebih detail tentang Stonehenge dan daerah di sekitarnya," jelas Paul Bryan, juru bicara Dinas Bangunan dan Monumen Bersejarah Inggris.

Untuk meneliti setiap inci dari setiap batuan Stonehenge para peneliti saat ini melakukan pemindaian laser 3D yang dipadukan dengan teknologi pencitraan digital. Dengan teknik baru ini, mereka berharap akan dapat mengungkap arti gambar dan grafitti modern yang terukir pada beberapa batu raksasa tersebut yang kerap disebut sebagai "seni batu". Hasil akhir pemindaian dan pencitraan akan menjadi model yang paling akurat dari situs kuno tersebut.

Dave Batchelor, ahli arkeologi dari English Heritage mengatakan bahwa permukaan batu Stonehenge menyimpan petunjuk masa lalu yang sangat menarik. "Batuan itu bagaikan manuskrip yang menyimpan informasi tentang pemikiran, upaya, dan berbagai keanehan yang menandai kehidupan manusia ribuan tahun lalu," katanya. Oleh karena itu, Batchelor sangat antusias menanti temuan yang akan diperoleh.

Inilah Pengering Kaki Dari Lumut Hidup

Posted: 16 Mar 2011 11:15 AM PDT

Karpet pengering kaki--''keset'' dalam istilah Jawa--itu terdiri dari 70 bagian lingkaran-lingkaran kecil berdiameter sekitar 6 centimeter berisi gumpalan hutan kecil berisi lumut.
Karpet itu terasa lembut di telapak kaki dan tidak menjadi bau ketika lembab.

Setiap gumpalan lumut ditempatkan dalam kerangka kecil busa padat, sehingga mencegah lumut berkembang biak diluar kontrol.

Pencipta karpet tersebut adalah Nguyen La Chanh dari Switzerland. Ia mengatakan karpet itu sangat nyamat dan hanya membutuhkan sedikit perhatian.

"Idenya ialah menemukan cara baru menempatkan tumbuhan didalam rumah," ujarnya.

"Bukan hanya tumbuhan di dalam pot yang berdiri sendiri di sudut ruangan, tapi juga tanaman hidup yang tumbuh di dalam rumah," imbuhnya lagi.

"Saya pikir karpet ini akan tepat bagi orang yang merindukan pojok alami di apartemen mereka--mungkin bagi mereka yang tinggal di lingkungan urban, jauh dari taman dan kawasan alami," ujarnya.

"Sangat nyaman, terasa menyenangkan dan lembut di bawah kaki, serta tidak membutuhkan perawatan sangat banyak," kata Nguyen lagi.

Saat ini nona Nguyen tengah mencari bantuan keuangan sehingga ia dapat memproduksi massal karpet pengering kaki itu dengan harga dibawah 220 Pounds (sekitar Rp 3 juta-an). Betapapun ramah lingkungan ''keset'' seharga 3 juta bagi orang Indonesia mungkin tetap kelewat mahal.

Kondom Untuk Anak-Anak Sudah Dijual Bebas

Posted: 16 Mar 2011 11:14 AM PDT

Kondom untuk anak-anak? Astaganaga. Menyusul hasil penelitian bahwa anak-anak usia 12-14 tahun banyak yang melakukan hubungan seks, pemerintah Swiss memproduksi kondom untuk anak-anak.

Sebagaimana dilaporkan Telegraph, penelitian itu dilakukan oleh Komisi Federal untuk Anak dan Pemuda, mewawancarai 1.480 orang berusia 10-20 tahun.

Dalam penelitian terungkap bahwa anak-anak berusia 12-14-tahun sudah banyak yang melakukan hubungan seks, meningkat drastis dibandingkan era 1990-an.

Nancy Bodmer, dari Centre for Development and Personality Psychology di Uviversitas Basel, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa fenomena itu sangat megejutkan.

"Ini hasil yang mengejutkan dan mengkhawatirkan, karena anak-anak muda menampilkan perilaku berisiko Mereka tampaknya memiliki kecenderungan untuk tidak melindungi diri mereka sendiri.. Mereka tidak memiliki pengetahuan seksual yang sangat berkembang. Mereka tidak mengerti konsekuensi dari apa yang mereka lakukan dan meninggalkan gadis-gadis muda untuk mengurusi segala konsekuensinya," kata Bodmer.

Kelompok Keluarga Berencana dan Federasi AIDS Swiss terus berkampanye untuk memasyarakatkan penggunaan kondom kepada para remaja.

Pada tahap awal, pemerintah Swiss memproduksi 55.000 kemasan dengan satu kemasan berisi satu kondom kecil dan satu kondom berukuran normal. Selain dijual di toko toko, kondom itu juga dijual secara online melalui internet.

Hormon Cinta Ditemukan Pada Monyet

Posted: 16 Mar 2011 11:12 AM PDT

Para ilmuwan berhasil menemukan hormon cinta pada monyet yang disebut dengan oksitosin. Disebut hormon cinta karena oksitosin berperan mengatur aktivitas organ reproduksi dan perilaku sosial, seperti ikatan antarkelompok, ibu dan anak.

Oksitosin sebenarnya ditemui pada seluruh mamalia, tetapi oksitosin yang ditemukan pada monyet ini berbeda. Peneliti mengungkapkan, perbedaan itu terjadi karena gen yang bertanggung jawab dalam produksi hormon ini juga berbeda.

Karen Parker, peniliti dari Stanford University yang terlibat penelitian ini mengatakan, penemuan ini adalah kali pertama oksitosin ditemukan berbeda dalam mamalia yang dipelajari.

"Pandangan ortodoks mengatakan, semua mamalia memiliki oksitosin yang sama," ujarnya.

Penemuan hormon ini terjadi ketika Karen dan rekannya tengah berupaya mempelajari monyet di laboratorium. Mereka mengalami kesulitan saat ingin mengukur kadar oksitosin. Setelah melakukan analisa genetik, mereka mengetahui bahwa gen yang bertanggung jawab terhadap produksi oksitosin dalam monyet berbeda.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Biology Letters, Selasa (15/32011) kemarin. Parker mengatakan, ia dan timnya akan terus mempelajari aktivitas oksitosin ini untuk membandingkan efeknya dengan oksitosin yang dikenal selama ini.

Oksitosin sendiri adalah sebuah hormon yang diproduksi di bagian otak disebut kelenjar putuitari. Setelah diproduksi, hormon disebarkan lewat sistem sirkulasi tubuh, terutama menuju organ target.

Yang Menjengkelkan Dari Facebook

Posted: 16 Mar 2011 11:03 AM PDT

1. Facebook Surganya Orang Mengeluh
Silahkan saja kita lihat status Facebook teman kita. Pasti saja isinya tentang keluhan seputar Cinta, Selingkuh, Putus cinta dan Hal-hal menyedihkan lainnya. Kalau tidak percaya, ayo kita buktikan.

2. Facebook Surganya orang-orang yang tidak mengerti Tata Bahasa.
Kita lihat status Facebook teman kita atau kita kita secara sadar atau tidak sadar, kita telah melakukan hal-hal yang bertentangan dengan tata bahasa yang baik dan benar. Misalnya kita menuliskan status dengan tulisan seperti ini : "I LoVe yOu, I Mis$ yoU." Atau nama akun kita seperti ini "R!eK@ LupPhS YaYAnG" atau nama akun Facebook yang seperti itu juga. Atau kita menuliskan sebuah catatan atau komemtar dengan tulisan seperti itu sperti orang yang tidak belajar tata bahasa dengan abik dan benar, jadi percuma saja kita sekolah seumur hidup kita atau belajar bahasa seumur hidup kita jika kita melakukan seoperti hal-hal tersebut.

3. Facebook Tempatnya Orang yang Overdosis
Maksudnya kita berpacaran dengan si A, tetapi di Informasi Pribadi akun Facebook kita. Kita menulisnya Menikah dengan si A atau Bertunangan dengan si A. Ada sebuah kasus seperti ini, Dia (si B) adalah sahabat kita eh, kita tulis dia sebagai Saudara Laki-laki atau Ayah karena saking dekatnya dan saking eratnya persahabatan kita. Padahal kita masih memiliki orang tua asli ataupun saudara asli.

4. Facebook Tempatnya Orang Pamer
Jika Kita melihat teman Facebook kita meng-upload fotonya yang berisi dia sedang duduk diatas sebuiah mobil BMW atau Ferrari. Pasti perasaannya bagaimana? Apakah Marah atau Bahagia? Pasti marahkan! Dan umumnya kita berkata di dalam hati seperti ini : "Huh! Sombongnya, mentang-mentang punya mobil mewah sampai segitunya (dipamer-pamerin)."

5. Facebook Tempatnya Orang Sombong
Misalkan kita membaca status akun Facebook seseorang misalnya seperti ini : "Aku punya Uang 1 Miliar, lho". Pasti kita semua bakalan menganggap orang seperti ini adalah orang yang sombong, betul atau benar. Hehehehe…..

6. Facebook Anti co.cc
Bagi para Facebooker yang punya website yang menggunakan jasa webhosting co.cc pasti sangat kecewa karena Facebook menganggap bahwa domain co.cc itu merupakan spam atau website yang berisi diskriminasi. Coba kita Anda ketikkan co.cc di Facebook langsung ada peringatan "Anda tidak bisa menulis komentar" / anda membagi informasi dari website yang berhosting co.cc pasti akan mucul peringatan seperti "Website yang anda masukkan berisi kata-kata kasar atau spam".

7. Facebook Jejaring Sosial Sejuta Masalah
Banyak sekali berbagai masalah yang ada di Facebook seperti : Video Porno, Diskriminasi, Kekerasan, Kasus foto dugem, kasus bolos kerja dan bolos sekaloah, kasus cyberbulying, dan sejuta masalah lainnya.

Makan Dilayani Pembunuh Di Restoran Fortezza Medicea

Posted: 16 Mar 2011 11:01 AM PDT

ANDA mungkin berpikir ulang mencoba datang serta menyantap makanan di penjara Fortezza Medicea di Italia.

Alasan sederhananya karena lokasi restoran itu berada di dalam penjara yang spesifik yaitu untuk pembunuh kelas kakap dengan pengamanan sangat ketat, mafioso, perampok dan pembunuh dipekerjakan sebagai koki dan pelayannya.

Hilangkan perasaan dan pikiran takut Anda karena narapidana yang melayani Anda adalah yang masa kurungannya tinggal beberapa bulan dan mereka dinyatakan memiliki sikap yang baik selama di dalam.

Dekorasi restoran ini dilengkapi dengan tembok setinggi 60 kaki, menara pengawas, kamera pengaman yang telah beroperasi selama 500 tahun. Selain itu juga dilengkapi dengan sipir penjara lengkap dengan senjatanya.

Jika Anda yang berminat datang ke restoranpun harus melewati prosedur ekstra ketat dan rumit. Untuk memesan meja saja, Anda diwajibkan memesan minimal satu minggu sebelumnya.

Setibanya di penjara, Anda akan menjalani pemeriksaan keamanan yang ketat berlapis hingga di restoran. Jika salah satu prosedur keamanan gagal, Anda tidak dapat masuk ke dalam restoran. Namun, bagi Anda yang beruntung, tentu saja pengalaman menyantap masakan di dalam penjara mungkin salah satu yang berharga.

Inilah Lelang Hantu Yang Berhasil Tarik Ribuan Peminat

Posted: 16 Mar 2011 10:58 AM PDT

Seorang wanita Selandia Baru menjual dua botol yang diklaimnya berisi dua hantu, seorang pria tua dan seorang gadis muda, senilai hampir 1.400 dolar AS. Penjualan itu dilakukan melalui lelang secara online yang dilaporkan cukup ketat.

Avie Woodbury dari Christchurch, pemilik hantu itu, mengaku pada televisi lokal TVNZ bahwa dia menangkap arwah-arwah itu setelah sebuah sesi pengusiran setan di rumahnya, yang dia bayar sebesar 100 dolar AS.

Woodbury kemudian menempatkan hantu-hantu itu dalam air suci dan menyimpannya dalam botol terpisah sebelum memutuskan untuk melelangnya.

Laman penjualan hantu dalam botol itu menarik minat lebih dari 200 ribu orang sebelum lelang diakhiri pada Senin, sepekan setelah dimulai. Woodbury mengatakan bahwa seluruh proses lelang, tanpa biaya pengusiran setan, akan didonasikan ke yayasan perlindungan hewan.

"Saya mengalami hal-hal seperti ketel memanas sendiri, sentuhan di bagian belakang leher saya, suara-suara dari ruang lain dan barang-barang yang hilang serta muncul di tempat-tempat yang aneh," katanya.

Woodbury mengatakan bahwa ia merasakan suasana yang lebih baik di rumahnya setelah proses pengusiran setan. "Apakah ini psikologis atau tidak, namun saya yakin merasakan suasana baru di rumah," katanya kepada TVNZ.

Pemenang lelang adalah sebuah perusahaan rokok, yang menurut media lokal sekarang sedang meminta ide apa yang harus dilakukan dengan hantu dalam botol itu.

7 Benda Termewah Sejagat Saat Ini

Posted: 16 Mar 2011 10:57 AM PDT

1. Apple iPhone 3G Kings Button Seharga 30 Milyar Rupiah



Stuard Hughes adalah pakar membuat barang-barang elektronik menjadi sebuah barang super mewah. Dengan sentuhan tangannya, Iphone 3g 32 gb yang tadinya seharga 7 juta rupiah, bisa disulapnya menjadi karya seni super mewah dengan harga 30 Milyar.

Apa yang membuat iphone tersebut mahal? Tentu saja casingnya. Dengan bertahtakan 130 flawless berlian, yang masing-masing besarnya 0.75 ct , totalnya adalah 97.5 ct berlian. Casing berbahan dasar platinum ini juga dilengkapi 4 berlian pink yang masing-masing besarnya 2.5ct.

Casing belakangnya tak kalah mewah, terbuat dari 18 ct emas rose, dan logo apelnya dibuat dengan 53 berlian. Namun itu semua belum sehebat berlian 7.1 ct yang menjadi tombol navigasinya.

2. Ginza Tanaka Handbag seharga $1.63 Juta Dollar



Handbag ini dihargai $1.63 juta. Handbag ini dilapisi dengan platina, kancingnya dari berlian dan barangnya sendiri tanpa cacat sedikitpun. Sangat berharga, dan mungkin lebih berharga dari apa yang akan kalian bawa di dalamnya.

3. The Aurora Diamante berharga $1,3 juta dollar



The Aurora Diamante, adalah salah satu pena termahal didunia yang berharga USD 1,3 juta dollar. Di produksi sangat terbatas, dan hanya dibuat satu buah setiap tahunnya.

Pena super mewah ini terbuat dari material platinum padat yang dihiasi oleh lebih dari 30 karat berlian De Beers. Sensasi kemilau cahaya lampu yang dipantulkan oleh berlian di sekujur 'tubuhnya' membuat penggunanya makin nampak elegan dan berkelas.

4. Es Krim Dari Berlian Seharga $1 Juta Dollar




Berita mengejutkan datang dari Bruster's Real Ice Cream karena telah berhasil meluncurkan es krim berbentuk cone termahal di dunia, seharga satu juta Dollar Amerika. Acara peluncuran ini diadakan di pertunjukan JCK Las Vegas.

Cone yang seakan terbuat dari waffle ini khusus dibuat oleh perusahaan pembuat berlian, Lazare Kaplan International, Inc. Cone tersebut terdiri dari 20 ons troy emas putih dan kuning sebesar 18 karat dan 548 buah berlian Lazare berbentuk lingkaran. Tidak hanya itu, cone es krim dilengkapi juga dengan 87 potongan berlian emerald Lazare dan sebuah potongan berlian Fancy Intense Yellow sebesar 5,63 karat.

5. DualTow Watch by Christophe Claret seharga $300,000



Benda ini dihargai $300,000. Jam tangan ini tidak berbahan campuran emas ataupun platina. Mahal karena desainnya yang sangat kompleks dan rumit, serta casingnya yang tembus pandang. Kalau punya uang, mau beli jam ini ga ya?

6. Macbook Air Supreme ice Edition seharga $200,000 Dollar



Macbook Air Supreme ice Edition kepunyaan Stuart Hughes yang dilapisi dengan total 2.5 kg Platinum dan dengan logo Apple yang terbuat dari berlian 25.5 karat(terdapat 53 berlian) .

Macbook tersebut diperkirakan mencapai harga $200.000 dan menjadikannya menjadi laptop termahal di dunia. Kilauan dan material yang digunakan membuat Macbook edisi terbatas tersebut sangat cantik, elegan, dan membuat nya menjadi produk yang berseni dan bercita rasa tinggi.

7.DEOS Group's Diamond Earbuds seharga $15,000 Dollar



Earbuds ini dijual $15,000 sepasang. Kompatibel dengan segala gadget merek Apple dan kualitas suara yang dihasilkan juga kualitas tinggi tentunya.

Kisah Genius Orang Indonesia Yang Berkarya Di Amerika Serikat

Posted: 16 Mar 2011 10:52 AM PDT

Berita dari Medan itu membuat Nelson Tansu lemas. Di Universitas Lehigh, Pennsylvania, Amerika Serikat, tempatnya bekerja sehari-hari, Agustus 2 tahun lalu ia meradang. Kabar itu demikian membuatnya shocked: mama tercintanya, Auw Lie Min, dan papa tersayangnya, Iskandar Tansu, direktur percetakan PT Mutiara Inti Sari, tewas. Mereka dibunuh oleh perampok di area perkebunan karet PTPN II Tanjung Morawa.

Peristiwa itu sempat membuatnya "tak percaya" terhadap Indonesia. Pria kelahiran 20 Oktober 1977 ini adalah seorang jenius. Ia adalah pakar teknologi nano. Fokusnya adalah bidang eksperimen mengenai semikonduktor berstruktur nano.

Teknologi nano adalah kunci bagi perkembangan sains dan rekayasa masa depan. Inovasi-inovasi teknologi Amerika, yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari seluruh orang di dunia, bertopang pada anak anak muda brilian semacam Nelson. Nelson, misalnya, mampu memberdayakan sinar laser dengan listrik superhemat. Sementara sinar laser biasanya perlu listrik 100 watt, di tangannya cuma perlu 1,5 watt.

Penemuan-penemuannya bisa membuat lebih murah banyak hal. Tak mengherankan bila pada Mei lalu, di usia yang belum 32 tahun, Nelson diangkat sebagai profesor di Universitas Lehigh. Itu setelah ia memecahkan rekor menjadi asisten profesor termuda sepanjang sejarah pantai timur di Amerika. Ia menjadi asisten profesor pada usia 25 tahun, sementara sebelumnya, Linus Pauling, penerima Nobel Kimia pada 1954, menjadi asisten profesor pada usia 26 tahun. Mudah bagi anak muda semacam Nelson ini bila ingin menjadi warga negara Amerika.

Amerika pasti menyambutnya dengan tangan terbuka. "Apakah tragedi orang tuanya membikin Nelson benci terhadap Indonesia dan membuatnya ingin beralih kewarganegaraan?" "Tidak. Hati Saya tetap melekat dengan Indonesia," katanya kepada Tempo. Nelson bercerita, sampai kini ia getol merekrut mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan riset S-2 dan S-3 di Lehigh. Ia masih memiliki ambisi untuk balik ke Indonesia dan menjadikan universitas di Indonesia sebagai universitas papan atas di Asia.

Jawaban Nelson mengharukan. Nelson adalah aset kita. Ia tumbuh cemerlang tanpa perhatian negara sama sekali. Bila Koran Tempo kali ini menurunkan liputan khusus mengenai orang-orang seperti Nelson, itu karena koran ini melihat sesungguhnya kita cukup memiliki ilmuwan dan pekerja profesional yang berprestasi di luar negeri. Diaspora kita bukan hanya tenaga kerja Indonesia. Kita memiliki sejumlah Nelson lain—di Amerika, Eropa, dan Jepang. Orang orang yang sebetulnya, bila diperhatikan pemerintah, akan bisa memberikan sumbangan berarti bagi kemajuan Indonesia.


Matahari setengah rebah di Medari, Sleman, Yogyakarta. Asar sudah datang. Zakaria bergegas mencari anaknya, Muhammad Arief Budiman. Dia bisa berada di mana saja: di sawah, di kebun salak pondoh, atau jika sedang beruntung ia akan ditemukan di sekitar rumah. Zakaria harus menemukannya sebelum matahari terlalu rebah, agar anaknya tak melewatkan salat asar dan mengaji di musala.

Saint Louis, Missouri, Amerika Serikat. Tiga puluh tahun kemudian....

Di sebuah ruang kerja di kompleks Orion Genomic, salah satu perusahaan riset bioteknologi terkemuka di negeri itu, seorang lelaki Jawa berwajah "dagadu" sebab senyum tak pernah lepas dari bibirnya kerap terlihat sedang salat. Dialah anak Zakaria itu. Pada mulanya bercita-cita menjadi pilot, lalu ingin jadi dokter karena harus berkacamata sewaktu SMP, anak pekerja pabrik tekstil GKBI itu sekarang menjadi motor riset utama di Orion. Jabatannya: Kepala Library Technologies Group. Menurut BusinessWeek, ia merupakan satu dari enam eksekutif kunci perusahaan genetika itu.

Genetika adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari gen, pembawa sifat pada makhluk hidup. Peran ilmu ini bakal makin sentral di masa depan: dalam peperangan melawan penyakit, rehabilitasi lingkungan, hingga menjawab kebutu*an pangan dunia.

Arief tak hanya terpandang di perusahaannya. Namanya juga moncer di antara sejawatnya di negara yang menjadi pusat pengembangan ilmu tersebut: menjadi anggota American Society for Plant Biologists dan ini lebih bergengsi baginya karena ia ahli genetika tanaman American Association for Cancer Research.

Asosiasi peneliti kanker bukan perkumpulan ilmuwan biasa. Dokter bertitel PhD pun belum tentu bisa "membeli" kartu anggota asosiasi ini. Agar seseorang bisa menjadi anggota asosiasi ini, ia harus aktif meneliti penyakit kanker pada manusia. Ia juga harus membawa surat rekomendasi dari profesor yang lebih dulu aktif dalam riset itu serta tahu persis riset dan kontribusi orang itu di bidang kanker. Arief mendapatkan kartu itu karena, "Meskipun latar belakang saya adalah peneliti genome tanaman, saya banyak melakukan riset genetika mengenai kanker manusia," ujarnya.

Kita pun seperti melihat sepenggal kecil sejarah Indonesia yang sedang diputar ulang. Pada akhir 1955, ahli genetika (dulu pemuliaan) tanaman kelahiran Jawa yang malang-melintang di Eropa dan Amerika, Joe Hin Tjio, dicatat dengan tinta emas dalam sejarah genetika karena temuannya tentang genetika manusia. Ia menemukan bahwa kromosom manusia berjumlah 46 buah bukan 48 seperti keyakinan ahli genetika manusia di masa itu ("The Chromosome Number of Man. Jurnal Hereditas vol. 42: halaman 1-6, 1956). Tjio lahir pada 1916, wafat pada 2001 bisa menghitung kromosom itu dengan tepat setelah ia menyempurnakan teknik pemisahan kromosom manusia pada preparat gelas yang dikembangkan Dr T.C. Hsu di Texas University, Amerika Serikat.

Dicopet 27 Tahun Lalu, Dompet Ditemukan Di Pohon

Posted: 16 Mar 2011 10:49 AM PDT

Alkisah, 27 tahun lalu Ruth Bendik kehilangan dompetnya saat berada di tengah kerumunan orang di Central Park, New York, AS. Tanpa diduga-duga, dompet itu ditemukan di batang pohon sebuah pohon ceri.

Dompet itu dicopet dari kantongnya pada 24 Oktober 1982, ketika Bendik, kini berusia 69 tahun, berada di Central Park menonton lomba lari marathon. Ketika itu dia berada di titik finish untuk menyambut pemenang lomba.

"Ketika saya keluar dari kerumunan orang, saya merasa dompet saya raib," kata Bendik, yang dikutip dari CNN.

Pekan lalu, Josh Galiley, pengawas pada Central Park Conservancy, menebang pohon ceri hitam itu dan menemukan sebuah dompet kulit berwarna biru di batang pohon.

Dompet itu masih berisi surat izin mengemudi dan kartu kredit milik Bendik, meskipun uang sebesar USD20 telah raib. "Dua puluh dolar adalah jumlah uang yang banyak waktu itu," kata Bendik.

Setelah dua dekade, banyak hal telah berubah. Termasuk dua bank yang menerbitkan kartu kreditnya, Manufacturers Hanover Trust Bank dan Banker's Trust, kini sudah tutup. "Saya terkejut dua bank itu telah tutup," kata dia.

Kisah Cinta Rahasia Ratu Inggris Dengan Pemuda Muslim Dibukukan

Posted: 16 Mar 2011 10:48 AM PDT



Ini kisah nyata. Bukan seperti kisah di novel-novel romansa. Ratu Inggris, Victoria, yang berkuasa dari 1837-1901 ternyata menjalin hubungan asmara dengan pelayannya asal India bernama Abdul Karim, yang beragama Islam!

Kisah unik ini ditemukan secara tidak sengaja oleh pengarang kelahiran India, Shrabani Basu. Menurut Banu, kisah ini sengaja ditutup-tutupi oleh Kerajaan Inggris. Ketika Victoria meninggal dunia pada 1901, anaknya Raja Edward VII memerintahkan seluruh surat dan fotografi yang menghubungkan Victoria-Karim dihancurkan.

Untungnya, Karim memiliki buku harian yang sempat ia selundupkan ketika ia dipecat dari Kerajaan Inggris. Buku ini jatuh ke tangan Basu, tahun lalu. Diberikan oleh salah satu kerabat Karim, Begum Qamar Jehan. Bersama dengan buku itu, terdapat pula sejumlah foto yang menunjukkan Victoria-Karim.

Berikut kisah uniknya, seperti dikutip dari the National:
Karim adalah pemuda asal Agra, India. Ia dibawa ke Inggris pada 1887. Ia disebut sebagai 'Hadiah dari India untuk Inggris'. Sebelumnya Victoria memang ingin ada pelayan khusus India untuk melayani seorang ratu India yang berkunjung ke Inggris.

Setahun di Inggris, karir Karim melesat. Dia menajdi salah satu pelayan dan orang penting di dalam rumah tangga Istana. Ia menjadi anak kesayangan Victoria. Banyak orang dari pemerintahan dan anggota keluarga kerajaan yang iri dengan karirnya.

Di satu kesempatan, Perdana Menteri Inggris Lord Salisbury bahkan harus mengintervensi keputusan Victoria. Ratu ingin menganugerahkan Karim gelar ksatria Inggris, namun ditolak Salisbury. Akhirnya Karim mendapat gelar 'Companion of the Order of the Indian Empire' dan gelar 'Commander of the Royal Victorian Order'.

Karim datang ketika Victoria sedang berduka atas kematian John Brown. Brown adalah salah satu pelayan favorit Ratu, yang juga kemungkinan salah satu kekasihnya. Suami Victoria, Pangeran Albert, meninggal pada 1861.

"Victoria mengirim surat ke Karim yang menunjukkan kasih sayang. Ia menulis dalam surat itu 'dari Ibumu yang sangat menyintaimu' atau 'dari sahabatmu' atau malah di beberapa kesempatan ada surat yang dikirim dengan tanda kecupan sang Ratu. Ini sangat jarang pada saat itu," kata Basu.

"Hubungan mereka sangat bergairah, tidak diragukan lagi. Hubungan mereka bisa dikatakan dalam berbagai lapisan, ada hubungan ibu-anak, ada hubungan pria India-perempuan Inggris, macam-macam," sambung Basu.

Apakah hubungan keduanya cinta? Basu masih ragu mengatakannya. Sebab saat itu Karim sudah menikah dan Victoria tampak ingin sendiri. Namun gosip di Kerajaan waktu itu sempat memuncak ketika Karim dan Victoria bermalam bersama di salah satu rumah peristirahatan di dataran tinggi Skotlandia.

Selain sebagai pelayan, Karim juga mengajari Victoria bahasa Urdu, Hindi, dan masalah-masalah India. Karim selalu ikut dalam rombongan kerajaan. Dia diberikan rumah mewah di Inggris dan di India. Bahkan ia memiliki menu khusus, kare, setiap hari di Istana.

Karim pun naik jabatan. Dari pelayan menjadi sekretaris Ratu. Kenaikan jabatan itu membuat pihak rumah tangga Istana makin gusar. "Aku sangat mengagumi Karim," kata Victoria suatu waktu kepada menantunya, Louisse, Duchess of Cornwall di 1888. "Karim itu pria yang lembut, baik, dan pengertian. Dia membuatku merasa nyaman," kata Victoria.

"Yang terjadi saat itu adalah Karim sangat berpengaruh terhadap Victoria. Bahkan Karim bisa mempengaruhi kebijakan politik Inggris terkait India. Ini sangat menakjubkan. Ketika Inggris di masa jaya-jayanya, ada pemuda Muslim yang menduduki posisi penting di Kerajaan Inggris yang bisa mengubah kebijakan," kata Basu.

Menurut Basu, hubungan Victoria-Karim menjadi sangat heboh. Bahkan lebih heboh dari hubungan Victoria-Brown. Ini membuat putra Victoria, Raja Edward VII sangat tidak senang. Ketika Victoria wafat, Edward memecat Karim dan memulangkannya ke India.



 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 apaaja PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info